Pengembangan Silabus Mata Pelajaran dalam Kurikulum 2013

Diposting pada

Pengembangan Silabus Mata Pelajaran dalam Kurikulum 2013

Tutorilmu.id. Silabus merupakan pedoman guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran. Sialabus menyatu dengan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai administrasi pembelajaran guru.

Silabus dan RPP menyatu sebagai satu kesatuan demi memujudkan suksesnya proses pembelajaran, oleh karena itu keduanya adalah perangkat pembelajaran wajib bagi guru sebagai sarana untuk mempermudah pembelajaran.

Baca : Silabus : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Komponen, dan Formatnya

Secara garis besar, silabus dalam kurikulum 2013 mencakup beberapa isi, yaitu kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.

Silabus Mata Pelajaran

Hubungan logis antar berbagai komponen dalam silabus dari setiap mata pelajaran merupakan langkah yang harus pendidik siapkan untuk mencapai standar kompetensi lulusan.

Silabus mata pelajaran juga dapat menjadi pedoman dalam penyusunan buku siswa. Buku siswa memuat tentang materi pelajaran, aktivitas peserta didik, dan evaluasi pembelajaran.

Kompetensi dasar merupakan kompetensi minimal yang haru peserta didik kuasai setelah kegiatan pembelajaran, baik kompetensi pengetahuan maupun keterampilan.

Materi pembelajaran yang diturunkan dari kompetensi dasar berisi materi-materi pokok pada setiap materi pelajaran.

Melakukan kegiatan pembelajara dengan pendekatan saintifik. Selain itu juga melalui berbagai model pembelajaran dan strateginya,menyesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran dan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut.

Menyusun Silabus

Menyusun silabus harus dengan format dan penyajian yang sederhana, sehingga menjadi mudah pendidik  pahami dan laksanakan..

Penyederhanaan format bertujuan agar penyajiannya menjadi lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman, tetapi lingkup dan substansinya tidak berkurang.

Penyusunan silabus dapat dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum, Kemudahan guru dalam mengajar menjadi kemudahan bagi peserta didik dalam belajar, Keterukuran pencapaian kompetensi, kebermaknaan, dan kebermanfaatan untuk dipelajari sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.

Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan belajar berbasis aktivitas.Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspirasi bagi guru dalam mengembangkan berbagai model pembelajaran.

Akan tetapi pengembangan mode pembelajaran juga harus sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.

Kompetensi sikap spiritual dan kompetensi sikap sosial dapat dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirech teaching) pada pembelajaran kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap tersebut dapat pendidik lakukan sepanjang belangsungnya proses pembelajaran.

Pengembangan kompetensi sikap tersebut juga dapat sebagai pertimbangan bagi guru untuk mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Langkah Pengembangan Silabus

Sebelum melakukan pengembangan silabus, guru perlu memahami langkah-langkah yang harus diterapkan.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk pengembangan silabus.
1. Mengkaji Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
2. Mengidentifikasi materi pokok pembelajaran
3. Mengembangkan kegiatan
4. Merumuskan indikator pencapaian Kompetensi Dasar
5. Menentukan jenis penilaian
6. Menetapkam  alokasi waktu
7. Menentukan sumber belajar

Format Silabus

Farmat silabus yaitu sebagai berikut.

Silabus Mata Pelajaran :
Satuan Pendidikan        :
Kelas/Semester             :
Mata Pelajaran              :
Kompetensi Inti             : 

Demikian ulasan mengenai pengembangan Silabus Mata Pelajaran dalam Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan