Unduh Format Evaluasi dan Refleksi Diri Guru

Diposting pada

Unduh Format Evaluasi dan Refleksi Diri Guru

Gatrailmu.com. Berikut ini dibagikan format evaluasi dan refleksi diri Guru. Guru di dalam mengembangkan kecakapan dalam proses pembelajaran harus selalu melakukan evaluasi dan refleksi diri. Guru dapat mengevaluasi dan merefleksi diri dengan membuat catatan-catatan permasalahan pembelajaran.

Evaluasi dan refleksi merupakan kegiatan untuk perbaikan kinerja guru secara berkelanjutan untuk perbaikan mutu pembelajaran dan capaian hasil belajar peserta didik. Kegiatan tersebut dapat dilakukan guru dalam satu kali pada tiap semester.

Evaluasi dan refleksi diri dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan, seperti observasi kelas, pemberian kuesioner tentang pelaksanaan pembelajaran kepada peserta didik, atau membuat rekaman audio atau video dari evaluasi dan refleksi diri untuk diseminasikan dengan teman sejawat.

Guru melakukan perbaikan kinerja, khususnya pembelajaran dalam pengembangan kompetensi secara berkelanjutan setelah melakukan evaluasi dan refleksi diri dengan membuat jurnal refleksi dan juga catatan harian.

Beberapa permasalah pembelajaran yang dapat dievaluasi dan direfleksi guru, misalnya hasil belajar peserta didik yang masih dibawah KKTP, kesulitan peserta didik dalam memahami konsep, dan kebosanan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Beberapa permasahan yang muncul tersebut kemudian dicari akar pemasalahannya dan direncanakan solusinya. Catatan permasalahan pembelajaran ini selanjutnya dapat dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan laporan evaluasi dan refleksi diri.

Laporan evaluasi dan refleksi diri pada Kurikulum Merdeka dapat menjadi bentuk pertanggungjawaban tertulis guru dalam menyelenggarakan proses pembelajaran.

Baca : Contoh Laporan Evaluasi dan Refleksi Diri Guru

Format Evaluasi dan Refleksi Diri

Format Evaluasi dan Refleksi Diri

Proses refleksi yang telah dilakukan guru tentunya akan menampilkan keberhasilan maupun kegagalan dalam penyelenggaraan pembelajara. Kegagalan tentunya penting dan berguna agar guru lebih banyak belajar dan mencari strategi lain yang lebih efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Begitu pun dengan keberhasilan, strategi yang telah digunakan belum tentu dapat diulang dan menghasilkan kesuksesan yang sama. Proses refleksi akan mendorong guru untuk berlatih berpikir kritis tentang hasil rencana pembelajaran yang telah disiapkan.

Selanjutnya, guru dapat mengupayakan berbagai solusi kreatif untuk mengatasi hambatan dan menemukan cara-cara inovatif untuk memperbaiki keterampilan mengajar. Di dalam proses refleksi, pendidik dapat mengevaluasi proses pembelajaran, menentukan bagian yang perlu dipertahankan, dikembangkan, atau perlu dimodifikasi hingga pendidik memiliki wawasan yang lebih luas dan pertimbangan yang lebih matang.

Data yang diperoleh dari proses refleksi terhadap kegiatan pembelajaran akan membantu pendidik untuk membuat keputusan tentang rencana kegiatan pembelajaran di masa mendatang dan pendampingan khusus yang mungkin perlu untuk dilakukan pada siswa-siswa tertentu.

Format evaluasi dan refleksi diri ini dapat membantu guru dalam membuat laporan evaluasi dan refleksi diri pada Kurikulum Merdeka. Contoh laporan evaluasi dan refleksi diri ini dapat disempurnakan dan dikembangkan sendiri oleh guru sesuai kebutuhan dan kondisi yang ada.

Format Evaluasi dan Refleksi Diri Guru selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

 

Unduh

Demikian format Refleksi dan Evaluasi Diri Guru. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan