Cara Penulisan Gelar yang Benar, Dilengkapi Contohnya

Diposting pada

Cara Penulisan Gelar yang Benar, Dilengkapi Contohnya

Tutorilmu.id. Masyarakat Indonesia menganggap menulis gelar pada nama merupakan hal yang sangat penting dan bisa mengangkat derajat seseorang.

Penulisan gelar seseorang, entah itu gelar sarjana, master atau gelar untuk profesor ternyata menunjukkan tingkat pendidikan seseorang yang menyandang gelar tersebut

Tingkat intelektualitas, nama baik keluarga hingga keadaan ekonomi seseorang seringkali juga orang kaitkan dengan penulisan gelar seseorang.

Semakin tinggi gelar akademik seseorang, semakin besar juga penghargaan masyarakat terhadap dirinya. Tidak mengherankan apabila seseorang dengan banyak gelar akademis menuliskan semua titel pada namanya.

Karena hal itu dapat menunjukkan seberapa besar penghargaan masyarakat pada dirinya. Rentetan gelar yang seseorang pakai di depan dan di belakang nama jadi sebuah keharusan.

BACA : Kaidah Kebahasaan dan Langkah Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan

Mengetahui cara untuk menuliskan gelar adalah sangat penting. Hal itu mengandung suatu informasi yang mungkin orang lain butuhkan. Penulisan gelar sendiri jika mengalami kesalahan, maka itu bisa menjadikan salah paham.

Aturan cara penulisan gelar akademik sudah tertuang sedemikian rupa dalam Permenristekdikti Nomor 59 Tahun 2018 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Tata Cara Penulisan Gelar di Perguruan Tinggi.

Cara Penulisan Gelar Menurut EYD

 

Aturan dan penulisan gelar di dalam EYD yang  pemerintahan tetapkan di Indonesia adalah sebagai berikut :
1. Gelar penulisannya sebelum ataupun setelah nama pemilik dari gelar
2. Penulisan gelar dengan menggunakan tanda titik antara satu huruf dengan huruf yang lainnya pada singkatan gelar
3. Nama orang yang menyandang  dengan gelarnya harusnya terpisah dengan memakai tanda koma
4. Jika gelar seseorang  ternyata lebih dari satu, maka antara satu gelar dengan gelar yang lainnya harus pisah terlebih dahulu dengan memalai tanda koma. Contoh Riasya Qoinoora, S.Pd,S.E.

Cara Penulisan Gelar Sarjana (S1)

Dalam menulis gelar sarjana, gelar penulisannya di belakang nama dengan singkatan “S”, setelah itu menuliskan nama program studi. Sementara itu, gelar sarjana terapan menulisnya di belakang nama dengan singkatan “S.Tr” kemudian menyertakan nama program studi.

Adapun beberapa contoh penulisan gelar sarjana berdasarkan nama program studi ialah seperti berikut:

Cara Penulisan Gelar Magister (S2) dan Gelar Doktor (S3)

Cara menulis gelar magister penulisannya di belakang nama orang dengan singkatan “M”. Setelah itu, program studi. Adapun contoh penulisan gelar magister yang benar adalah sebagai berikut:

Cara Penulisan Gelar Doktor (S3)

Dr (doktor)

Cara Penulisan Gelar Diploma untuk D1 dan D2

Cara Penulisan Gelar Diploma untuk D3 dan D4

Penulisan Gelar Sarjana Muda Luar Negeri

Demikian informasi tentang Cara Penulisan Gelar yang Benar, Dilengkapi Contohnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan