8 Fakta Menarik tentang Kurma yang Wajb Anda Ketahui

Diposting pada

8 Fakta Menarik tentang Kurma yang Wajb Anda Ketahui

Gatrailmu.com. Siapa yang tidak mengenal kurma? Hampir setiap orang mengenal jenis buah yang satu ini. Di bulan Ramadan, kurma selalu menjadi menu wajib berbuka maupun sahur.

Tidak heran jika kurma identik dengan suasana puasa di bulan suci bagi umat Islam tersebut. Penjualan kurma pun melonjak seiring meningkatnya permintaan selama bulan Ramadan.

Rasa manis yang khas serta tekstur dagingnya yang empuk, menjadikan kurma sebagai pilihan utama menu berbuka. Selain itu, buah kurma dikenal memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan gula di dalam kurma baik untuk meningkatkan kadar gula setelah Anda seharian berpuasa.

Baca : 10 Manfaat Kurma Untuk Puasa, Salah Satunya Mengatasi Gangguan Usus

Berikut ini adalah 8 fakta menarik tentang kurma yang perlu Anda wajib Anda ketahui.

Fakta 1 Kualitas buah kurma dilihat dari kulitnya

Manfaat Kurma

Kurma yang berkualitas baik dapat dilihat dari kulitnya. Kurma yang baik terlihat mengilap, tidak bulukan, dan tidak terlihat lengket atau menempel.

Pilih juga kurma dengan tangkai yang masih menempel, karena tangkai ini yang mempertahankan rasa manis kurma. Hindari membeli kurma di tempat terbuka tanpa penutup. Hindari juga membeli kurma yang sudah dihinggapi lalat, yang berarti kurma tersebut sudah diberi pengawet kimia.

Fakta 2 Kurma sudah ditanam sejak 7000 tahun lalu di Timur Tengah dan Afrika Utara

Semenjak 7000 tahun yang lalu, kurma sudah dapat ditemui di negara Timur Tengah dan Afrika bagian utara. Sekitar tahun 800 Masehi, kurma dibawa ke Spanyol, kemudian oleh masyarakat Spanyol disebarkan ke Kuba. Sekitar tahun 1700 hingga 1900-an, kurma sudah dapat dinikmati warga California.

Fakta 3 Kurma mengandung semua unsur makanan pokok

Buah Kurma

Buah kurma mengandung semua unsur makanan pokok yang diperlukan oleh tubuh, yaitu vitamin, protein, lemak, mineral, dan juga gula. Berdasarkan penelitian, dalam satu biji kurma mengandung karbohidrat (glukosa dan fruktosa), protein, lemak, vitamin (A, C, B kompleks, tiamin, riboiflavin, niasin, dan asam folat),  mineral (kalium, kalsium, zat besi, fosfor, selenium, magnesium, natrium, cobalt dan zink), dan juga serat.

Fakta 4 Kurma membantu mempercepat pemulihan demam berdarah

Jenis-jenis Kurma

Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa dengan memanfaatkan buah kurma akan dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit pada penderita sakit demam berdarah.

Mineral yang terdapat dalam kurma setelah dikonsumsi seperti galaktosa, xilosa, dan manosa, dapat menambah kadar trombosit sekitar 23.90%.

Fakta 5 Kurma membantu ibu hamil dan menyusui

Bahan kimia yang ada dalam kurma membantu merangsang peningkatan hormon oksitosik. Hormon ini membantu percepatan kelahiran, serta mengurangi resiko pendarahan setelah melahirkan. Kurma juga dapat membantu para ibu yang sedang menyusui untuk menghasilkan asi yang lebih banyak.

Fakta 6 Terdapat lebih dari 450 jenis kurma yang tersebar di dunia

Buah Kurma

Ternyata kurma memiliki banyak jenis yang tersebar di dunia. Ada kurang lebih 450 jenis kurma yang memiliki karakteristik bentuk dan tekstur berbeda-beda.

Jenis kurma yang terkenal adalah kurma Ajwah. Kurma Ajwah banyak tumbuh di kota Madinah, Saudi Arabia. Kurma Ajwah memiliki bentuk yang lebih kecil dengan warna yang juga lebih hitam.

Ada juga kurma Deglet Noor, kurma yang berwarna kuning keemasan sebagai varietas unggulan di Algeria, Tunisia, Amerika, dan Libya. Selain itu ada juga jenis kurma Amer Hajj, Mozafati, Halawi, Melkhashab, Thoory, Zaghloul, dan Sekkeri.

Fakta 7 Pohon kurma sebagai simbol untuk terhindar dari kelaparan

Di negara Oman, ada sebuah tradisi unik yang melibatkan pohon kurma. Pada saat seorang bayi laki-laki lahir, maka orangtuanya akan menanam pohon kurma. Penanamaan pohon kurma ini sebagai pengharapan agar keluarga tersebut terhindar dari kelaparan sepanjang hidupnya.

Fakta 8 Rutin mengonsumsi kurma akan mencegah penggumpalan darah

Kurma

Kurma kaya akan asam salsiliat yang berperan penting dalam mencegah penggumpalan darah. Penggumpalan darah dapat berakibat fatal apabila terjadi di pembuluh darah otak, karena mengakibatkan stroke. Demikian juga jika penggumpalan tersebut terjadi pada pembuluh darah jantung, yang dapat mengakibatkan serangan jantung.

Demikian 8 fakta menarik tentang kurma yang wajib Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan