Tema : Pengertian, Jenis, Contoh, dan Cara Menyampaikannya

Diposting pada

Tema : Pengertian, Jenis, Contoh, dan Cara Menyampaikannya

Tutorilmu.id. Tema cerita merupakan salah satu unsur yang sangat penting di dalam sebuah cerita atau katangan. 

Tema karangan berkaitan erat dengan fokus atau pun dasar yang pengarang gunakan untuk mengembangkan sebuah karangan.

Menyusun Sebuah  cerita biasanya dengan berdasarkan tema tertentu dan seluruh aktivitas di dalam cerita juga didasari oleh tema tersebut.

Baca : Analisis Unsur Intrinsik pada  Cerpen Mimpi Sang Dara

Dalam karya sastra, terdapat dua jenis tema yakni tema utama dan tema tambahan.. Tema utama (mayor) adalah ide yang diulang-ulang oleh seorang penulis dalam karya sastranya dan menjadikannya sebagai yang paling signifikan dalam karya tersebut.

Tema tambahan (minor) adalah ide lain yang mengacu pada ide utama sebuah karya, ide ini dapat menggantikan tema minor lainnya.

Pengertian Tema

Menurut KBBI, tema adalah pokok pikiran atau dasar cerita yang dipercakapkan, dipakai sebagai dasar mengarang, menggubah sajak dan lain sebagainya

Tema  dapat diartikan sebuah permasalahan dalam sebuah cerita yang di dasari dari gagasan sentral sehingga dapat disamakan pada gagasan topik ceritanya.

Tema juga adalah pokok pembicaraan dari sesuatu yang akan diperjuangkan dengan melalui suatu karya yang bersifat tersirat dan tersusun dengan rapi sehingga untuk membacanya juga lebih mudah di pahami.

Menurut Sastra Indonesia telah menyatakan bahwa Tema adalah salah satu ide pokok yang memiliki gagasan dengan persoalan yang akan di gunakan sebagai landasan dalam membuat cerita.

Menurut Kamus Populer telah menyatakan bahwa Tema adalah salah satu dari pokok pemiikiran dari persoalan yang akan penulis jabarkan pada sebuah karangan.

Jenis jenis Tema

Beberapa jenis tema antara ;lain yaitu:

1. Tema Jasmaniah

Tema Jasmaniah adalah salah satu tema yang berkaitan dari sebuah permasalahan atau keadaan fisik seseorang sehingga jenis ini dapat menyangkut pada hal yang bersifat dan yang berhungan pada manusia. Contohnya :jatuh cinta.

2. Tema Ketuhanan

Tema Ketuhanan adalah salah satu tema yang berhubungan pada kekuasaan tuhan dari semua aktivitas yang di lakukan oleh manusia sehingga hal ini juga dapat di hubungkan pada makhluk ciptaan Tuhan. Contohnya: tobat dari kejaharan.

3. Tema Sosial

Tema Sosial adalah salah satu tema yang berkaitan pada masalah sosial dan dapat juga yang berkaitan dengan masalah pribadi yang di alami pada setiap manusia, sehingga akan berkaitan pada masalah kehidupan masyarakat. Contohnya: hubungan dengan saudara.

4. Tema Egois

Tema Egois adalah salah satu tema yang berhubungan pada sifat dan ego yang terdapat pada manusia sehingga dapat berkaitan tentang reaksi pribadi. Contohnya:keserakahan.

5. Tema Organik

Tema Organik adalah salah satu tama yang dapat mencakup tentang moral dan dapat juga suatu hal yang berhubungan erat dengan moral pada dasaran manusia sehingga manusia dapat wujudnya hubungan antar manusia. Contohnya: perselingkuhan.

Cara Menyampaikan Tema

Dari beberapa ulasan di atas maka kami juga akan menyampaikan cara memberkenalkan tema pada kehidupan sehari-hari di kalangan masyrakat, di antaranya adalah.

Dramatis – adalah suatu pengarangan yang di dasari dari watak atau karakter dari berbagai tokoh yang dapat pengarang ceritakan secara langsung kepada pendengar atau pembaca.

Analitik – adalah sebuah pengarangan yang di buat secara langsung dan dapat juga menerangkan tentang watak atau karakter dari tokoh dalam pengarang nya.

Langkah-langkah nya:
1. Pilihan sebuah nama dari karakter supaya dapat pembantu membenarkan sebuah karangan yang akan di gagas
2. Lakukan representasi fisik atau postur tubuh
3. Melalui dialog

Demikian ulasan tentang Tema : Pengertian, Jenis, Contoh, dan Cara Menyampaikannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan