Manfaat Puasa Untuk Menjaga Kesehatan Jantung 

Diposting pada

Manfaat Puasa Untuk Menjaga Kesehatan Jantung 

Gatrailmu.com. Salah satu organ vital pada manusia adalah jantung. Jantung merupakan organ berotot dengan empat ruang. Organ jantung terletak di antara kedua paru-paru dan di tengah rongga dada agak ke kiri. Ukuran jantung sekitar genggaman tangan sebelah kanan, dengan berat sekitar 200 hingga 425 gram.

Jantung berperan penting dalam sistem peredaran darah, yaitu sebagai alat pemompa darah. Kemampuan jantung dalam memompa darah tersebut sangat menentukan kelancaran peredaran darah ke seluruh tubuh. Sifat kerjanya yang kontinu, menjadikan jantung sebagai organ tubuh yang perlu dijaga kesehatannya.

Mekanisme kerja dari jantung mirip seperti pompa yang akan memberikan tekanan pada pembuluh darah agar darah selalu mengalir di dalam tubuh. Jantung berdetak kurang lebih seratus ribu kali setiap hari dan mampu memompa darah sekitar 7.500 liter darah.

Bagian-bagian Jantung

Jantung terbagi dalam empat ruang, yaitu dua serambi (atrium) dan dua bilik (ventrikel). Serambi jantung dibagi menjadi dua, atrium sinistra (serambi kiri) dan atrium dextra (serambi kanan).

Atrium merupakan ruang sebelah atas pada jantung dan memiliki dinding yang tipis. Atrium kiri berfungsi menerima darah yang kaya oksien dari paru-paru  dan membawanya ke bilik kiri.

Fungsi atrium kanan adalah menerima darah dari dari seluruh tubuh yang kaya karbondionsida (rendah oksigen) untuk selanjutnya dibawa ke bilik kanan. Bilik jantung terbagi menjadi dua, yaitu ventrikel sinistra (bilik kiri) dan ventrikel dextra (bilik kanan). Ventrikel terletak di bagian bawah jantung dan memiliki dinding tebal, karena bertugas memompa darah ke seluruh tubuh.

Bagian-bagian Jantung

Fungsi dari ventrikel kiri adalah menerima darah yang kaya oksigen dari atrium kiri dan memompakannya ke seluruh tubuh. Sedangkan ventrikel kanan berfungsi menerima darah dari atrium kanan dan memompakannya ke paru-paru.

Dinding jantung merupakan bagian terluar yang berfungsi untuk melapisi jantung. Fungsi lain dari dinding jantung adalah untuk membuat jantung berdetak dan mencegah agar jantung tidak mengalami kebocoran.

Dinding jantung terdiri dari tiga lapisan, yaitu endokardium, miokardium, dan epikardium. Perikardium merupakan selaput yang mengitari jantung, terdiri atas dua lapisan, yaitu perikardium parietalis dan perikardium viscelaris.

Dinding Jantung

Miokardium adalah lapisan tengah atau lapisan inti dari jantung. Lapisan ini paling tebal dan terdiri dari banyak otot jantung. Fungsi miokardium, yaitu untuk kontraksi jantung. Sedangkan endokardium merupakan lapisan terluar jantung yang terdiri dari jaringan endotel (epitel pipis selapis)

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Jantung 

Di dalam ukuran yang normal, jantung manusia akan berdenyut kurang lebih 80 kali per menit.  Denyut nadi yang terlalu tinggi atau terlalu rendah diiringi dengan gejala nyeri di dada, sesak napas, dan juga pusing, mengindikasikan bahwa Anda mengalami gangguan kesehatan jantung.

Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi frekuensi denyut jantung Anda, antara lain usia, jenis kelamin, berat badan, kondisi psikis, aktivitas fisik, dan suhu lingkungan.

Puasa terbukti efektif untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Pada saat awal-awal melaksanakan puasa, maka akan terjadi penurunan jumlah denyut jantung dalam satu menit, yaitu sekitar 60 kali per menit atau bahkan kurang dari itu.

Manfaat Puasa

Penurunan jumlah denyut jantung ini akan memengaruhi metabolisme tubuh. Akan tetapi pada hari-hari berikutnya selama berpuasa, jumlah denyut 60 kali per menit ini tidak akan berdampak pada tubuh Anda.

Jika dihitung, maka dalam waktu satu hari selama puasa, jantung Anda akan dapat menghemat sekitar 28.800 denyut. Penghematan jumlah denyut ini menjadikan jantung memperoleh waktu istirahat cukup yang tidak pernah didapatkan pada hari-hari biasa.

Selain memberikan kesempatan untuk jantung beristirahat, penurunan denyut jantung ini akan mengurangi tekanan-tekanan yang dialami oleh organ jantung sebagai alat pemompa darah. Jantung juga akan mendapatkan suplai darah yang bersih selama berpuasa.

Penyakit kardiovaskuler, seperti halnya penyakit jantung bersifat menetap dan hanya bisa dilakukan tindakan pencegahan. Berpuasa akan melatih Anda untuk melakukan hidup secara lebih teratur. Pola makan seimbang yang Anda terapkan selama puasa akan sangat membantu proses metabolisme tubuh, termasuk memperlancar kerja organ jantung.

Baca :

Demikian manfaat puasa untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan