Mengenal Berbagai Jenis Media Komunikasi

Diposting pada

Mengenal Berbagai Jenis Media Komunikasi

Gatrailmu.com, Di dalam kehidupan sehari-hari, tidak lepas dengan yang namanya komunikasi. Berbagai jenis komunikasi ini bisa dilakukan dengan keluarga, teman, tetangga dan tentunya lingkungan sekitar.

Melakukan komunikasi dapat berbentuk berbicara bersama orang lain sampai dengan mendapatkan informasi dari berbagai media cetak maupun elektonik.

Komunikasi yang baik sangat bermanfaat, baik itu di dunia kerja dan bisnis maupun dalam kehidupan secara umum.  

Baca : Mengenal Berbagai Jenis Media Komunikasi

Media komunikasi yaitu suatu sarana atau alat  untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada publik, atau pengirim ke penerima. Panca indera yang menjadi mendominasi dalam media berkomunikasi adalah telinga dan mata.

Media Komunikasi

Media komunikasi bisa juga sebagai suatu sarana yang digunakan untuk memproduksi, reproduksi, mengolah dan mendistribusikan dalam penyampaian suatu informasi.

Sederhananya, media komunikasi adalah sebuah perantara dalam menyampaikan sebuah informasi dari komunikator kepada komunikan yang memiliki tujuan agar efisien dalam menyebarkan pesan atau informasi.

Ada macam-macam media komunikasi yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, seperti internet, TV, radio, surat, handphone, dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai jenis media komunikasi yang  yang admin rangkai dari berbagai sumber.

Jenis-jenis Media Komunikasi

1. Berdasarkan Jenis Saluran

Media komunikasi berdasarkan jenis salura jenis ada dua, yaitu media komuninkasi nonverbal serta media komunikasi verbal. Berikut penjelasannya.

a. Media Komunikasi Verbal

Media komunikasi verbal yaitu menyampaikan pesan dengan menggunakan suara maupun menyampaikan pesan yang terucap secara langsung. Ada dua bentuk dari media komunikasi verbal, sebagai berikut.

  • Komunikasi Oral, yaitu menyampaikan pesan melalui pembawa pesan kepada penerima pesan dengan menggunakan kata yang diucapkan secara lisan. 
  • Komunikasi Tertulis, yaitu menyampaikan pe sandengan bentuk tulisan, komunikasi tertulis dapat dengan menggunakan cara membaca maupun menulis.
b. Media Komunikasi Nonverbal

Media komunikasi nonverbal merupakan cara penyampaian pesan tanpa perlu menyampaikan pesan dengan mengeluarkan suara maupun dalam bentuk pesan tertulis sekalipun.

Komunikasi non verbal memiliki beberapa bentuk seperti berikut.

  • Bahasa tubuh
  • Ekspresi wajah
  • Gerakan tubuh
  • Sentuhan
  • Penampilan
  • Sikap 
  • Tatapan mata
2. Berdasarkan Cara Penyebaran

Berdasarkan cara penyebarannya, maka media komunikasi terbagi dalam empat jenis, sebagai berikut.

a. Media Komunikasi Audio atau Suara

Media audio adalah ketika penerima pesan dapat menangkap pesan tersebut dengan menggunakan indera pendengaran.. Sementara itu, pesan disampaikan melalui media suara atau verbal dengan menggunakan alat yang dapat memancarkan suatu frekuensi tertentu seperti CD, radio dan pemutar audio lainnya.

b. Media Visual

Media komunikasi visual adalah penyampaian pesan atau informasi menggunakan bentuk yang dapat terlihat oleh mata. Bentuknya dapat berupa foto, gambar, atau gambar bergerak. Penggunaan bentuk media visual berupa baliho, poster, atau iklan digital bergerak menggunakan videotron. 

c. Media Komunikasi Audio Visual

Media komunikasi audio visual merupakan penyampaian pesan dengan cara menggunakan suara serta bentuk visual seperti video maupun gambar yang digabungkan menjadi satu. Contohnya adalah seperti iklan yang tampil di televisi.

d. Media Komunikasi Cetak

Di dalam media komunikasi cetak, saluran yang dapat untuk menyampaikan pesan adalah dengan menggunakan bentuk tulisan yang telah tercetak, contohnya seperti buku, brosur, majalah, surat kabar, buletin dan lain sebagainya.

3. Berdasarkan Kehadiran Fisik

Jenis media komunikasi berdasarkan kehadiran fisik yaitu komunikasi tatap muka yang bersifat pribadi atau personal, sehingga melibatkan kehadiran fisik dari pembawa pesan serta penerima pesan. Media ini menjadi media komunikasi terbaik untuk dapat menyampaikan informasi. Sebab, terjadi interaksi antara pembawa pesan dengan penerima pesan. 

a. Media Komunikasi Siaran

Media komunikasi siaran sama seperti media audio dan media audio visual, akan tetapi media komunikasi siaran ini perbedaannya melalui jenis medianya dan bukan bentuknya. Artinya, adalah penggunaan media komunikasi untuk menyampaikan pesan dengan memanfaatkan sarana siaran. Contoh media ini, yaitu televisi, pengeras suara hingga radio. 

b. Media Komunikasi Seluler

Penggunaan media komunikasi seluler ini bersifat pribadi. Penggunaan media komunikasi seluler ketika seseorang ingin menyampaikan pesan pribadi maupun informasi lain yang harus diteruskan pada kelompok kecil. Contohnya dari media komunikasi seluler adalah Whatsapp, Line, SMS, telepon maupun platform chat lainnya.

c. Media Komunikasi Elektronik

Media komunikasi elektronik ini meliputi beragam platform seperti internet, e mail, media sosial dan lain sebagainya. Penggunaan media komunikasi elektronik dapat untuk melakukan komunikasi antar individu, massa maupun kelompok. Media komunikasi ini, dinilai kurang personal dibandingkan dengan media-media komunikasi lainnya akan tetapi tetap efisien.

d. Media Komunikasi Tertulis

Media komunikasi tertulis hampir sama dengan media komunikasi cetak. Akan tetapi, penggunaan media komunikasi tertulis ini umumnya oleh kelompok individu maupun individu tanpa memerlukan interaksi langsung. Contohnya adalah pemberitahuan maupun pengumuman oleh perusahaan kepada karyawan. 

Demikian berbagai jenis media komunikasi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan