Contoh Soal OSN Tahun 2024 Bidang IPS SMP

Diposting pada

Contoh Soal OSN Tahun 2024 Bidang IPS SMP 

Gatrailmu.com. Berikut ini dibagikan sontoh soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2024 Bidang IPS jenjang SMP.

Contoh soal OSN IPS SMP Tahun 2024 ini dapat menjadi referensi belajar peserta OSN dalam mempersiapkan diri menghadapi Olimpiade Sains Nasional Tingkat SMP Tahun 2024.

Dengan sering berlatih dan mempelajari latihan soal OSN SMP tersebut, peserta diharapkan memiliki kesiapan lebih untuk mengikuti OSN di tahun 2024 ini.

Olimpiade Sains Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama (OSN-SMP) merupakan salah satu wadah strategis untuk menyiapkan sumber daya manusia dengan kemampuan yang handal dibidang sains dan memiliki karakter kuat, kokoh, dan tahan uji. Efektifitas program tersebut ditentukan melalui proses persiapan pra kompetisi melalui tahap penyisihan dan tingkat nasional.

OSN-SMP Tahun 2024 secara umum bertujuan sebagai wahana kompetisi dalam cabang lomba Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bagi peserta didik SMP dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong.

Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai- nilai sportivitas.

Sedangkan secara khusus, OSN SMP 2024 bertujuan sebagai berikut.

1. Menyediakan wahana bagi peserta didik SMP dan atau yang sederajat untuk mengembangkan talenta di cabang lomba Matematika, IPA, dan IPS, sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya.

2. Memotivasi peserta didik SMP dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik.

3. Memotivasi peserta didik SMP dan atau yang sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan cabang lomba Matematika, IPA, dan IPS dalam kehidupan sehari-hari.

4. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS di SMP dan atau yang sederajat.

5. Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan.

6. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

Contoh Soal OSN Tahun 2024 Bidang IPS SMP
Contoh Soal OSN Tahun 2024 Bidang IPS SMP

Sasaran pelaksanaan OSN ini adalah peserta didik kompetisi pada jenjang SMP/MTs/Sederajat dari seluruh Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri, baik negeri maupun swasta yang terdaftar di kelas 7 dan 8 pada tahun ajaran 2023/2024 saat mengikuti OSN-K tahun 2024 yang telah lolos melalui seleksi OSN-K (ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia) dan OSN-P (ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia).

Ajang OSN masuk dalam kelompok bidang Riset dan Inovasi. Cabang lomba dalam Olimpiade Sains Nasional jenjang SMP/MTs/Sederajat adalah: Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Berikut ini adalah jadwal pelaksanaan OSN SMP/MTs Tahun 2024 selengkapnya.

1. Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan OSN SMP tahun 2024: 16-19 Januari 2024

2. Pendaftaran Peserta: 22 Januari -3 Maret 2024

3. Uji coba oba aplikasi dan simulasi OSN-K: 13-16 Maret 2024

4. Pelaksanaan OSN-K: 1-2 April 2024

5. Pengumuman hasil OSN-K: 15 April 2024

6. Uji coba aplikasi dan simulasi OSN-P: 1 – 4 Mei 2024

7. Pelaksanaan OSN-P: 27-28 Mei 2024

8. Pengumuman hasil OSN-P: 6 Juni 2024

9. Virtual meeting dan penjelasan tes kinerja produksi video mandiri untuk cabang lomba IPS: Minggu ke-3 Juni 2024

10. Pelaksanaan OSN tingkat nasional: 5-11 Agustus 2024.

Contoh soal OSN tahun 2024 Bidang IPS tingkat SMP selengkapnya dapat di unduh di sini.

Baca :

Demikian Contoh soal Olimpiade Sains Nasional tahun 2024 Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tingkat SMP. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan