Mengenal Pengertian Tipografi, Prinsip dan Jenisnya

Diposting pada

Mengenal Pengertian Tipografi, Prinsip dan Jenisnya

Tutorilmu.id. Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu menemukan tipografi. Hal tersebut mudah kita temui di jalan-jalan, di toko, di botol shampoo, di kemasan makanan dan masih banyak lagi

Fungsi yang paling mendasar dari tipografi adalah untuk menyusun kata ataupun kalimat agar mudah untuk dipahami dan dibaca walaupun disusun dengan cara yang berbeda.

Selain berguna sebagai penyampai pesan, tipogarfi merupakan seni mengatur huruf dan teks dengan cara yang membuat salinan terbaca, jelas, dan menarik secara visual bagi pembaca.

Tipografi adalah suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

Baca : Puisi Romance : Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contohnya

Dalam seni tipografi, yaitu karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama. Dalam seni tipografi, pengertian huruf sebagai lambang bunyi bisa diabaikan.

Tipografi melibatkan macam font, tampilan, dan struktur, yang bertujuan untuk memperoleh emosi tertentu dan menyampaikan pesan tertentu. Dengan mengetahui macam font, dapat membuat tipografidengan benar.

Prinsip Tipografi

Mengutip dari buku “Desain Grafis Percetakan SMK/MAK Kelas XI. Kompetensi Keahlian Multimedia. Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika” karya Drs. Siwi Widi Asmoro, M.Pd., tipografi memiliki empat prinsip pokok yang sangat mempengaruhi keberhasilan suatu desain tipografi, yaitu sebagai berikut:

1. Legibility
Kualitas pada huruf membuat huruf tersebut dapat terbaca.

2. Readability
Penggunaan huruf dengan memperhatikan hubungannya dengan huruf lain sehingga mudah terbaca.

3. Visibility
Kemampuan suatu huruf, kata, kalimat dalam suatu karya komunikasi visual dapat terbaca dalam jarak tertentu.

4. Clarity
Kemampuan huruf-huruf dalam karya desain dapat dibaca dan dimengerti oleh target yang dituju.

Jenis Tipografi

Banyaknya pilihan jenis huruf yang ada terkadang membuat kesulitan menentukan pilihan. Maka untuk lebih mempermudah berikut rekomendasi jenis huruf yang mudah di pahami.

1. Serif

Serif merupakan salah satu typography yang paling rekomended karena jenis huruf paling klasik. Ada kesan tersendiri jika membaca rangkaian huruf ini seperti ada kesan klasik dan luwes.

Gaya huruf roman dan bodoni termasuk ke dalam jenis Serif dan perbedaan yang ada sangat tipis. Huruf roman lebih memiliki keterbacaan tinggi sedangkan huruf bodoni ketebalannya tidak terlalu tegas.

2. Egyptian

Jenis Egyptian sering dipakai untuk memberikan penekanan serta penegasan pada sebuah kata atau pesan. Memiliki kesan kokoh, kuat dan stabil akan muncul dengan sendirinya saat membaca huruf ini.

Sering digunakan pada desain periklanan karena menarik perhatian dan lebih mudah terbaca dari jarak jauh. Egyptian dengan tampilan besar serta cukup tebal sering untuk judul, logo dan header.

3. Sans Serif

Sebenarnya sans memiliki arti tanpa sedangkan sans serif menunjukkan ketiadaan bentuk serif pada hurufnya. Jenis ini memiliki tampilan lebih simpel namun memiliki tingkat keterbacaan yang sangat cepat. Jenis ini memiliki kesan simpel, bersih, modern, efisien dan familiar pada berbagai visual.

4. Script

Jenis yang satu ini mirip dengan tulisan tangan yang pembuatannya secara tradisional atau langsung. Tujuannya untuk memperoleh kesan lebih estetik dari sebuah karya visual sehingga lebih menarik dibaca.

Secara umum tampilannya seperti tulisan tegak bersambung dengan variasi tebal tipis pada setiap hurufnya. Penggunaannya jarang untuk tulisan panjang karena memang cukup menyulitkan jika dibaca.

5. Dekoratif

Jenis tipografi lainnya yaitu dekoratif yang menyediakan banyak pilihan variasi hurufnya. Cirinya yaitu memiliki ornamental tinggi sehingga sangat cocok dipakai untuk tagline atau judul. Tidak cocok untuk teks karena sulit terbaca contohnya seperti Walt Disney, Birthday Font dan lainnya.

6. Miscellaneous

Jenis terakhir yaitu pengembangan dari berbagai jenis yang sudah ada dengan tambahan garis-garis dekoratif. Kategori Miscellaneous sering di katakan sebagai fantasy font dan pada umumnya dipakai pada desain khususnya imajinasi.

Contohnya penggunaannya pada komik maupun produk yang targetnya anak-anak. Karena kesan yang timbulkan lebih ke unik dan lucu sehingga mampu merebut perhatian.

Demikian tentang Mengenal Pengertian Tipografi, Prinsip dan Jenisnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan