Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan

Diposting pada

Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan

tutorilmu.id. Buku Saku atau Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan merupakan salah satu buku panduan untuk dapat memahami Rapor Pendidikan.

Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya

Informasi tentang Rapor Pendidikan sebagai bentuk laporan hasil evaluasi pelaksanaan Asesmen Nasional ini terdapat di dalam Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional Satuan Pendidikan.

Adapun Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional AN untuk Satuan Pendidikan telah diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Baca : Tata Cara Cuti PPPK Sesuai Peraturan BKN Nomor 7 Tahun 2022

Peluncuran platform Rapor Pendidikan didasari oleh Permendikbudristek Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Evaluasi Sistem Pendidikan Oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Sebagai  kepala sekolah tentu harus memiliki Buku Saku atau Buku Panduan Analisis Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan atau Buku Saku (Panduan) Analisis Rapor Pendidikan agar sekolah dapat memanfaatkan rapor pendidikan dengan sebaik-baiknya.

Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai referensi utama dalam menganalisa, merencanakan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan. Data yang disajikan objektif dan andal karena laporan tersaji secara otomatis dan terintegrasi.

Rapor pendidikan juga berfungsi sebagai instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik evaluasi internal maupun eksternal yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output).

Rapor Pendidikan memiliki sejumlah perbedaan dibandingkan Rapor Mutu. Rapor Mutu mengukur delapan indikator capaian pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan dengan menggunakan data yang bersumber dari Dapodik dan hasil penginputan langsung oleh sekolah melalui aplikasi EDS.

Sedangkan Rapor Pendidikan mengukur indikator yang disusun berdasarkan input, proses, dan output pendidikan yang diturunkan dari delapan Standar Nasional Pendidikan.

Terdapat dua jenis Rapor Pendidikan yaitu rapor satuan pendidikan dan rapor pendidikan daerah.

Rapor satuan pendidikan menampilkan indikator juga hasil mutu pendidikan di satuan pendidikan, sedangkan Rapor Pendidikan daerah menampilkan indikator juga hasil mutu pendidikan dari daerah dan satuan pendidikan di daerah tersebut.

Di dalam Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan antaralain disampaikan mengenai Hasil Asesmen Nasional. Hasil Asesmen Nasional dilaporkan pada rentang nilai 1,00 – 3,00.

Nilai 1,00 memiliki makna Seluruh aspek/subaspek dalam indikator tersebut kategori capaiannya kurang, sedangkan 3,00 artinya seluruh aspek/subaspek dalam indikator tersebut kategori capaiannya baik.

Pada Asesmen Nasional, secara umum terdapat 3 kategori, yaitu : Kurang (nilai 1), Sedang (nilai 2), dan Baik (nilai 3).

Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional AN untuk Satuan Pendidikan selengkapnya terdapat pada tautan berikut ini.

 

Download

Demikian Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional AN untuk Satuan Pendidikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan