Tata Cara Mengunduh dan Registrasi Aplikasi RKAS

Diposting pada

Tata Cara Mengunduh dan Registrasi Aplikasi RKAS

Gatrailmu.com. Berikut dibagikan tentang tata cara mengunduh dan registrasi Aplikasi RKAS pada Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2022.

Sekretaris Jenderal, Kemendikbudristek telah menerbitkan Pedoman Penggunaan Aplikasi RKAS pada Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2022.

Pedoman Penggunaan Aplikasi RKAS pada Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2022 tersebut tertuang dalam Persesjen Nomor 13 Tahun 2022

Tata Cara Mengunduh dan Regestrasi Aplikasi RKAS pada Pendidikan Dasar dan Menengah tercantum dalam Lampiran Persesjen Nomor 13 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Aplikasi RKAS pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Baca : Pedoman Penggunaan Aplikasi RKAS Pada Pendidikan Dasar dan Menengah

Berikut ini adalah tata cara mengunduh dan registrasi ARKAS pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Tahap mengunduh dan registrasi

Langkah-langkah tahapan mengunduh dan registrasi sebagai berikut.

1. Satuan Pendidikan mengunduh aplikasi RKAS melalui laman https://rkas.kemdikbud.go.id/download dan memasangnya pada desktop yang berbasis windows (minimal windows 8).

2. Satuan Pendidikan meminta kode aktivasi ARKAS kepada Dinas.

3. Setelah mendapatkan kode aktivasi, Satuan Pendidikan melakukan registrasi dengan mengisikan kode aktivasi, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), nama pengguna (Bendahara, Operator, Kepala Satuan Pendidikan), alamat email pengguna, dan nomor handphone pada halaman registrasi.

4. Proses registrasi selesai ketika Satuan Pendidikan sudah mengisi seluruh dokumen di atas dan mendapatkan notifikasi bahwa registrasi berhasil.

5. Satuan Pendidikan login ke dalam ARKAS dan dapat mulai mengoperasikan ARKAS.

6. Apabila Satuan Pendidikan lupa password yang telah dibuat, Satuan Pendidikan dapat mengganti password melalui laman login dengan mengeklik tombol “Lupa Password”.

7. Setelah mengeklik tombol “Lupa Password”, Satuan Pendidikan juga menghubungi Dinas untuk meminta password baru.

8. Setelah mendapatkan password baru, Satuan Pendidikan dapat login dengan menggunakan password baru.

Demikian informasi tentang tata cara mengunduh dan registrasi Aplikasi RKAS pada Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2022. Semoga bermanfaat.  

Tinggalkan Balasan