Perbedaan Rapor Pendidikan dan Rapor Mutu 

Diposting pada

Perbedaan Rapor Pendidikan dan Rapor Mutu 

Gatrailmu.com. Rapor Pendidikan merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Episode ke-19. Platform ini menampilkan data kualitas satuan pendidikan atau daerah yang didapatkan dari berbagai asesmen dan survei nasional. Kehadiran Rapor Pendidikan untuk menyempurnakan rapor mutu sebelumnya.

Rapor Pendidikan akan digunakan sebagai acuan untuk seluruh bentuk evaluasi sistem pendidikan termasuk refleksi diri, akreditasi, dan standar pelayanan minimum satuan pendidikan.

Dengan menggunakan rapor pendidikan ini, satuan pendidikan tidak perlu melakukan pengisian data ke aplikasi, data diambil dari berbagai sistem dan sumber data yang ada, meliputi data Dapodik, SIMPKB, AN, BPS dan sumber lainnya yang relevan.

Baca : Cara Unduh Rapor Pendidikan Hasil Asesmen Nasional 2022

Pada dasarnya Rapor Pendidikan adalah merupakan penyempurnaan dari Rapor mutu yang sudah ada sebelumnya. Terdapat dua perbedaan mendasar antara keduanya, yaitu sebagai berikut :

Rapor Mutu
  • Mengukur 8 indikator capaian pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan,
  • Data bersumber dari data Dapodik dan juga hasil pengisian (input) langsung oleh satuan pendidikan melalui aplikasi EDS.
Rapor Pendidikan
  • Mengukur indikator yang disusun berdasarkan input, proses, dan output pendidikan. Indikator tersebut diturunkan dari 8 Standar Nasional Pendidikan,
  • Satuan pendidikan tidak melakukan pengisian (input) data ke aplikasi, namun data diambil dari berbagai sistem dan sumber data yang sudah ada, seperti Dapodik, SIMPKB, AN, BPS, dan sumber lain yang relevan.

Dengan Rapor Pendidikan, pengguna tidak perlu melakukan proses input data secara manual, karena data-data pada Rapor Pendidikan sudah terintegrasi dari beberapa sumber seperti Asesmen Nasional, Data Guru dan Tenaga Kependidikan serta aplikasi Sumber Daya Sekolah, yaitu Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) dan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS).

Demikian informasi tentang perbedaan Rapor Pendidikan dan Rapor Mutu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan