Jenis Perangkat Pembelajaran bagi Guru dan Manfaatnya

Diposting pada

Jenis Perangkat Pembelajaran bagi Guru dan Manfaatnya

Gatrailmu.com. Melakukan perencanaan sebelum melakukan suatu kegiatan adalah hal yang bijak. Begitu juga guru yang akan melaksanakan kegiatan belajar mengajar, guru bisa memulainya dari mempersiapkan dan merencanakan pembelajaran.

Salah satu upaya agar pembelajaran bisa lebih efektif adalah dengan mengetahui dan mempersiapka  perangkat pembelajaran.

Perangkat pembelajaran berisi sejumlah bahan, alat, media, petunjuk, dan pedoman yang akan digunakan dalam proses pencapaian kegiatan pembelajaran yang diinginkan.

Baca : Pengertian Silabus, Manfaat, Fungsi, Komponen, dan Formatnya

Perangkat pembelajaran mempunyai misi agar segala aktivitas guru dalam pembelajaran bisa lebih efisien dan efektif serta sukses.

Selain itu manfaat atau fungsi dari perangkat pembelajaran itu sendiri adalah sebagai pedoman guru dalam aktivitas belajar mengajar.

Pengertian Perangkat Pembelajaran

Perangkat Pembelajaran

Perangkat pembelajaran adalah kumpulan alat (bantu) yang digunakan guru agar kegiatan dan kinerja guru lebih maksimal dalam aktivitas pembelajaran, perangkat ini terdiri dari media, fasilitas, bahan dan panduan dsb

Berdasarkan penuturan Zuhdan, (2012), pengertian perangkat pembelajaran adalah instrumen atau perlengkapan untuk melakukan kegiatan mendidik siswa. Perangkat pembelajaran merupakan pedoman guru untuk aktivitas pembelajaran, baik itu di dalam kelas, luar kelas dan laboratorium.

Guru wajib menyusun  perangkat pembelajaran sebagai pedoman atau petunjuk penyelenggaraan pembelajaran, sehingga bertujuan untuk memenuhi keberhasilan guru dalam pembelajaran.

Oleh karena itu, perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran, baik di kelas, laboratorium, atau di luar kelas.

Manfaat Perangkat Pembelajaran Bagi Guru

Berikut ini beberapa manfaat perangkat pembelajaran bagi guru.

1.  Perangkat pembelajaran sebagai panduan pembelajaran

Perangkat pembelajaran dapat menjadi panduan guru mengenai apa yang harus guru lakukan dalam kelas saat melaksanakan pembelajaran.

2. Perangkat pembelajaran sebagai tolok ukur pembelajaran

Perangkat pembelajaran dapat menjadi tolok ukur keberhasilan pembelajaran, sehingga guru dapat menilai  sejauh mana perangkat tersebut telah teraplikasi dalam kelas.

Evaluasi dapat terlaksana dengan membandingkan dari berbagai aktivitas di kelas, strategi, metode, bahkan langkah pembelajarannya dengan data yang terdapat dalam perangkat pembelajaran

3. Perangkat pembelajaran sebagai peningkatan profesionalisme

Perangkat pembelajaran memperbaiki semaksimal mungkin segala sesuai yang terkait dengan proses pembelajaran yang dilakukan guru, sehingga dapat menjadi evalusi untuk meningkatkan profesionalismenya.

Jenis-jenis Perangkat Pembelajaran

Berikut ini adalah jenis-jenis perangkat pembelajaran.

1. Silabus

Silabus merupakan jenis perangkat pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok atau pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber atau bahan atau alat belajar.

Penyusunan silabus dilakukan secara sistematis dengan memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.

2. Program Tahunan (Prota)

Prota adalah salah satu jenis perangkat pembelajaran yang penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan sesuai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan.

Penetapan alokasi waktu harus sesuai kalender pendidikan, sehingga mempermudah guru dalam menyusun program tahunan.

Prota memuat penjabaran alokasi waktu tiap-tiap standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk tiap semester dan tiap kelas selama satu tahun pelajaran.

Prota tersusun dalam jangka waktu satu tahun dengan memperhatikan analisis kurikulum beserta perhitungan pekan efektif.

3. Program Semester (Promes)

Promes merupakan penjabaran dari program tahunan dan disusun untuk menjawab minggu keberapa atau kapan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar.

Program semester adalah rancangan kegiatan belajar mengajar secara garis besar yang tersusun dalam jangka waktu satu semester, sehingga penyusunannya tetap memperhatikan program tahunan dan alokasi waktu tiap minggu.

4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rancangan pembelajaran mata pelajaran per unit yang akan ditetapkan guru dalam pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, RPP merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan kegiatan pembelajaran.

RPP  berkembang untuk menkoordinasikan komponen pembelajaran, yaitu kompetensi dasar, materi standar, indikator hasil belajar, dan penilaian.

5. Kalender Akademik

Kurikulum  satuan pendidikan pada setiap jenis dan jenjang pendidikan terselenggara dengan mengikuti kalender pendidikan pada setiap tahun ajaran.

Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran.

Jadi, kalender pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

6. Rincian Pekan Efektif

Rincian Pekan Efektif (RPE) adalah hitungan hari-hari efektif yang ada pada tahun pelajaran berlangsung, Di dalam menyusun RPE, guru harus memperhatikan kalender akademik yang sedang berlangsung serta menjadi pedoman sekolah dalam menetapkan jumlah minggu/pekan efektif.

Urutan Perangkat Pembelajaran

Guru dapat menyusun perangkat pembelajaran sendiri sesuai kebutuhan dalam pembelajaran, sehingga memudahkan dalam pemanfaatannya.

Berikut adalah contoh urutan penyusunan Perangkat Pembelajaran.

1. Halaman Depan

2. Lembar Pengesahan

3. Visi dan Misi Sekolah

4. Kelender Pendidikan

5. Silabus

6. KKM

7. Analisis Minggu Efektif

8. Program Tahunan

9. Program Semester

10. Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP)

Demikian jenis Perangkat Pembelajaran bagi  Guru dan manfaatnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan